Minggu, 08 Desember 2013

Sejarah Keluarga (Dhyki Ardhyansyah Saputro)



PERJUANGAN SEKOLAH IBU TUTIK SUGIARTI TAHUN 1970-1984



MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Pengantar Ilmu Sejarah
 yang dibina oleh Bapak Prof. Dr. Hariyono, M. Pd dan
Ibu Indah W.P. Utami, S.Pd., S.Hum., M.Pd

Oleh
Dhyki Ardhyansyah Saputro
130731615719









https://docs.google.com/document/d/1IPRE2yI4HAyanrYpEpNPjd3FaEsGVQYV-cLjqF9NPuE/pubimage?id=1IPRE2yI4HAyanrYpEpNPjd3FaEsGVQYV-cLjqF9NPuE&image_id=1OkY7Gd8Cr5B0nnECVTL_VCxL27UvmxDRVWLt8snDBUASBxI









UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
November 2013






KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum wr.wb.

Ucapan puji syukur kehadirat Tuhan YME karena atas berkat dan rahmatnya. Penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Sejarah yaitu membuat makalah Sejarah Keluarga yang berjudul “Perjuangan Sekolah Ibu Tutik Sugiarti Tahun 1970-1984” ini dengan sebaik-baiknya.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu hingga dapat terselesaikannya makalah ini. Kepada Ibu Indah W.P. Utami, S.Pd., S.Hum., M.Pd selaku pembimbing, yang senantiasa memberikan pengarahan kepada penulis dalam penyelesaian tugas makalah ini. Kepada informan Ibu Tutik Sugiarti dan sebagai ibu saya yang mendukung untuk melanjutkan studi lebih tinggi, Ibu Yayuk yang telah memberi informasi. Keluarga di rumah yang telah memberi nasihat dan hiburan ketika menghadapi masalah. Tak lupa kepada teman-teman yang telah memberi informasi untuk menyelesaikan makalah ini.
Segala upaya yang telah dilakukan penulis untuk menyempurnakan makalah ini. Apabila masih ada kekurangan dan kesalahan. Penulis mengharapkan saran dan komentar yang dapat dijadikan masukan dalam menyempurnakan penulisan ini.



Malang,     November 2013
Penulis


Dhyki Ardhyansyah Saputro






DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR........................................................................................ i
DAFTAR ISI...................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................. 1
           1.1 Latar Belakang................................................................................... 1
           1.2 Rumusan Masalah.............................................................................. 1
           1.3 Tujuan................................................................................................ 1
           1.4 Metode Sejarah ................................................................................. 1
BAB II PERJUANGAN SEKOLAH IBU TUTIK SUGIARTI TAHUN
1970-1984.......................................................................................................... 5   
           2.1 Sejarah perjuangan sekolah ibu Tutik Sugiarti....................................... 5
           2.2 Hasil perjuangan sekolah ibu Tutik Sugiarti........................................... 6
BAB III PENUTUP............................................................................................. 7
           3.1 Kesimpulan......................................................................................... 7 
           3.2 Saran.................................................................................................. 7   
DAFTAR RUJUKAN......................................................................................... 8
LAMPIRAN....................................................................................................... 9











BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang
Pendidikan pada tahun 1970an di daerah Ibu Tutik Sugiarti di desa Jatimulyo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung banyak anak yang sudah putus sekolah sejak sd dikarenakan berbagai macam alasan. Banyak faktor yang menyebabkan anak-anak pada waktu itu putus bersekolah. Guru pada waktu itu sangat disiplin, jadi banyak siswa yang takut tehadap guru dan menjadikan alasan untuk tidak melanjutkan sekolah, banyak siswa yang tidak naik kelas, faktor ekonomi mendesak anak untuk tidak melanjutkan sekolah.
Ibu Tutik Sugiarti hidup dari keluarga yang sederhana. Walaupun faktor ekonomi yang tak mendukung untuk bersekolah. Demi memenuhi kebutuhan beliau harus sekolah sambil bekerja. Untuk itu penulis tertarik untuk membahas perjuangan Ibu Tutik Sugiarti untuk sekolah.

1.2    Rumusan Masalah
1.    Sejarah perjuangan sekolah ibu Tutik Sugiarti
2.    Hasil perjuangan sekolah ibu Tutik Sugiarti

1.3    Tujuan
1.    Menjelaskan sejarah perjuangan pendidikan ibu Tutik Sugiarti
2.    Menjelaskan hasil perjuangan pendidikan ibu Tutik Sugiarti

1.4    Metode
1.    Pemilihan Topik
a.    Kedekatan Emosional
Ibu Tutik Sugiarti merupakan wanita yang pantang menyerah demi memenuhi kebutuhan akan bersekolah. Beliau pernah berhenti sekolah pada saat melanjutkan ke SMP selama 1 tahun karena faktor ekonomi dan bekerja terdahulu untuk melanjutkan ke SMP dan terulang lagi pada saat masuk ke Sekolah Pendidikan Guru akibat ekonomi yang tidak mendukung. Maka dari itu untuk mengetahui sejarah perjuangan sekolah seorang anak yang bertekad untuk sekolah walaupun ekonomi tak mendukung beliau tetap semangat untuk melanjutkan sekolah walaupun harus berhenti terdahulu. Hal itu tidak membuat beliau menyerah. penulis mencoba membahas awal mula perjuangan sekolah, dan hasil kerja keras sekolah ibu Tutik Sugiarti.
b.    Kedekatan intelektual
Untuk keabsahan makalah ini, penulis mencari sumber-sumber tentang beliau, dengan sumber primer maupun skunder. Pemilihan topik ini bertujuan untuk mengetahui perjuangan pendidikan beliau, agar pembaca termotivasi akan perjuangan sekolah beliau ke jenjang lebih tinggi walaupun ekonomi tak mendukung.
Pembaca mengetahui jika bersekolah kejejang lebih tinggi sekarang sudah banyak bantuan beasiswa untuk memenuhi adminitrasi dan kebutuhan sekolah. Faktor ekonomi tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak melanjutkan sekolah. Oleh karena itu, pemilihan topik yang akan saya bahas berjudul Perjuangan Sekolah Ibu Tutik Sugiarti.
2.    Heuristik
Pengumpulan data dan sumber-sumber yang sesuai dengan topik pembahasan yaitu sumber primer didapat penulis dari dokumen dan mewawancari Bu Tutik Sugiarti yang merupakan seorang anak yang bertekad bersekolah dan merupakan sumber utama yang terlibat langsung didalamnya. Sedangkan sumber sekunder yakni ibu yayuk sebagai kakaknya. Sumber sekunder sendiri untuk pembanding dan pendukung dari sumber primer. Saksi ibu Tutik Sugiarti waktu wisuda: bapak Wahab sebagai suami dan anak ketiga yaitu Resti.
3.    Kritik
a.    Kritik eksternal
Dari sumber primer yaitu bu Tutik Sugiarti menceritakan kehidupan untuk mencapai pendidikannya. Beliau mengalami masa menyedihkan ketika berhenti sekolah dikarenakan faktor ekonomi dan keberhasilan yang diraih setelah lulus sekolah pendidikan guru. akan tetapi dari percakapan bu Yayuk yang mengobrol dengan tetengga ibu Tutik Sugiarti  atas jasa suami bu Yayuk, ibu Tutik Sugiarti bisa menjadi guru.
b.    Kritik Internal
Dari wawancara yang telah dilakukan oleh penulis, masuk akal jika penyebab utama berhentinya sekolah adalah faktor ekonomi yang kurang mendukung unuk membiayai sekolah, karena pekerjaan orang tua sebagai petani.
4.    Interpretasi
Dari data-data atau fakta-fakta yang saya dapat melalui wawancara, baik dengan sumber primer maupun sumber sekunder dapat saya interpretasikan bahwa, perjuangan pendidikan ibu Tutik sugiarti, beliau tinggal bersama orang tua didesa Jatimulyo, kecamatan Kauman, kabupaten Tulungagung. beliau bersekolah di sekolah dasar SD Jatimulyo I  dan lulus pada tahun 1976. Ketika ia sudah lulus sekolah beliau melanjutkan sekolah menengah pertama akan tetapi karena faktor ekonomi beliau berhenti sekolah selama 1 tahun dan waktu selama itu di manfaatkan untuk bekerja. Di tahun berikutnya beliau melanjutkan sekolah di SMPN Kalangbret dan lulus pada tahun 1981. Lagi-lagi faktor ekonomi yang tak mendukung waktu beliau melanjutkan di sekolah pendidikan guru SPGN Kauman Kabupaten Tulungagung tidak bisa langsung sekolah. Beliau harus berhenti sekolah selama 1 tahun  dan bekerja di tahun berikutnya beliau melanjutkan sekolah kembali dan lulus pada tahun 1984.
Setelah beliau lulus ia sekolah pendidikan guru beliau tinggal bersama keluarga kakaknya di Jogorogo kabupaten Ngawi. Dari pengakuan ibu Tutik Sugiarti beliau mendapat pekerjaan guru atas keinginan sendiri di tahun 1985 di SDN Jogorogo V kec. Jogorogo. Setelah 5 tahun sebagai guru pembantu akhirnya di tahun 1990 beliau diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Lain halnya data yang saya dapat sumber sekunder yang mengatakan jika ibu Tutik Sugiati mendapatkan pekerjaan sebagai guru atas jasanya suami bu Yayuk.
5.    Historiografi
Dalam historiografi penulis memulai dengan Bab I yaitu pendahuluan, pendahuluan ini berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan serta metode-metode sejarah. Kemudian dilanjutkan pada Bab II yaitu Perjuangan Sekolah Ibu Tutik Sugiarti Pada Tahun 70an. Pembahasan ini merupakan inti makalah, tepatnya jawaban dari rumusan masalah yang akan dibahas lebih detail mengenai historiografi ini. Dan yang terakhir Bab III penutup yaitu berisi kesimpulan dan saran dari pembahasan.


 


 
 
BAB II
PERJUANGAN SEKOLAH IBU TUTIK SUGIARTI
PADA TAHUN 1970-1984


2.1    Sejarah perjuangan sekolah ibu Tutik Sugiarti
Ibu Tutik Sugiarti lahir pada tanggal 29 Januari 1963 di Tulungagung. Beliau tinggal di desa Jatimulyo, kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung. Beliau hidup dari keluarga yang sederhana.
Ibu Tutik Sugiarti merupakan wanita yang pantang menyerah demi memenuhi kebutuhan akan bersekolah. Riwayat pendidikannya mengalami beberapa kendala yang mengharuskan beliau harus berhenti sekolah untuk memenuhi adminitrasi sekolah. Karena, beliau dari keluarga yang kurang mampu. Beliau sekolah dan bekerja untuk memenuhi adminitrasi sekolahnya.
Riwayat sekolah Ibu Tutik Sugiarti, beliau pertama sekolah di SD Jatimulyo 1 dan lulus pada tahun 1970. Karena ekonomi beliau harus berhenti sekolah terlebih dahulu selama satu tahun dan beliau hanya bekerja. Setelah satu tahun kemudian beliau melanjutkan ke tingkat Sekolah Menengah Pertama di SMPN Kalangbret dan lulus pada tahun 1981. Hal serupa terjadi lagi karena, ekonomi. beliau berhenti dahulu selama satu tahun dan hanya bekerja. Di tahun berikutnya beliau melanjutkan pendidikan di sekolah pendidikan guru di SPGN Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurusan guru sekolah dasar di program pendidikan spesialisasi Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan lulus pada tahun 1984.
Pada tahun 2007 karena ada persyaratan bagi guru minimal harus memiliki ijazah sarjana. Maka, beliau melanjutkan studi di sekolah swasta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Repulik Indonesia Tulungagung (STKIP PGRI Tulungagung) program studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan. Beliau melanjutkan pendidikan dan mendapat beasiswa sampai lulus. Beliau lulus pada tahun 2011



2.2    Hasil perjuangan sekolah ibu Tutik Sugiarti
Setelah lulus sekolah pendidikan guru beliau tinggal bersama kakaknya yang bernama ibu Yayuk di Jogorogo kabupaten Ngawi. Di Jogorogo beliau mendapat pekerjaan sebagai guru pembantu di SDN Jogorogo V pada tahun 1985. Setelah 5 tahun bekerja sebagai guru pembantu akhirnya pada tahun 1990 beliau diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil di SDN Talang II  kecamatan Jogorogo, kabupaten Ngawi. Setelah 2 tahun pada masa percobaan pada tahun 1992 diangkat menjadi pegawai negeri sipil di sd tersebut. Pada tahun 1997 beliau pindah  mengajar di kampung halaman di tulungagung di SDN Bago II.
Dikarenakan ada tuntutan bagi guru harus memiliki sarjana. Beliau melanjutkan studinya pada tahun 2007 di STKIP PGRI Tulungagung Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan. Lulus pada tahun 2011. Setelah itu pada tahun 2012 beliau mengikuti PLPG di Kediri selama 10 hari dan lulus. Pada tahun 2013 beliau mendapat jatah sertifikasi setelah memenuhi syarat sarjana dan mengikuti PLPG.  





  



BAB III
PENUTUP

1.        Kesimpulan
Beliau selama menempuh pendidikan tidak mengenal kata menyerah. Beliau rela berhenti sekolah terlebih dahulu karena tuntutan ekonomi yang tak mendukung. Beliau membantu membiayai sekolahnya sendiri sambil bekerja. Maka, ekonomi tak dapat dijadikan alasan untuk tidak bersekolah.

2.        Saran
Dari pengalaman beliau dapat dijadikan motivasi bagi keluarga yang kurang mampu untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Sekarang sudah banyak beasiswa bagi anak-anak yang ingin melanjutkan sekolah.





DAFTAR RUJUKAN


Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nara Sumber primer Ibu Tutik Sugiarti
Nara Sumber skunder Ibu Yayuk
Nara Sumber Saksi Wisuda
1. bapak Wahab
2 Resti



LAMPIRAN

                       
1.1 Akta Kelahiran                                          1.2 Ijazah SD

                       

1.3 Ijazah SMP                                               1.4 Ijazah SPG


                                    1.5 Ijazah Sarjana
                       

1.6 SK CPNS 1                                               1.7 SK CPNS 2

           

1.8 SK PNS                                                    1.9 SK PNS


                                                1.10 Surat perijinan penugasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar